Galeri Indonesia WOW Dorong UKM Masuk Pasar Global

Para pelaku koperasi dan UKM di tanah air harus dibantu promosi dan pemasarannya agar bisa masuk di pasar global. Berbagai upaya dilakukan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM agar pelaku usaha kecil dan koperasi ini dapat bersaing di pasar global.

Melalui brand Galeri Indonesia WOW di SMESCO RumahKU Jakarta LLP-KUKM mendorong para pelaku usaha masuk ke pasar global dengan cara memfasiliasi mereka menjadi peserta pameran di Indonesian Fashion Week (IFW) di Jakarta pada bulan Maret ini. Selain pameran, baju, beragam kain etnik Indonesia, perhiasan dan asesoris produk KUKM mitra juga akan diperagakan dan ditampilkan dalam acara Fashion Show yang bertema Ragam Wastra Nusantara pada Kamis 10 Maret 2016.
Wastra berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti sehelai kain yang dibuat secara tradisional. Wastra Nusantara dapat berarti kain tradisional Indonesia dengan motif sarat makna. Kekayaan budaya Indonesia melahirkan beragam jenis kain yang berbeda-beda dan unik di tiap daerah.

Ahmad Zabadi, Direktur Utama LLP-KUKM Kementerian Koperasi dan UKM dalam acara Jumpa pers Indonesia Fashion Week kemarin mengatakan, LLP-KUKM yang membawa brand Galeri Indonesia WOW kerap mendorong pelaku usaha kecil masuk pasar internasional. Produk-produk yang diikutkan dalam IFW tahun ini sudah dikurasi oleh kurator LLP-KUKM dan mampu bersaing dengan produk berstandar internasional.
"IFW 2016 menjadi ajang promosi yang efektif bagi KUKM Mitra SMESCO di bidang Fashion sehingga dapat mengakselerasi produk mereka menuju pasar ekspor dan berbasis digital economy, " ujar Ahmad Zabadi.

Galeri Indonesia WOW yang menjadi program unggulan Kementerian Koperasi dan UKM memiliki lima diferensiasi yang tujuannya mengangkat UKM di tanah air menjadi juara di pasar dalam negeri dan disegani di pasar luar negeri. Kelima diferensiasi Galeri Indonesia WOW adalah sebagai tempat experiment lab, creative hub, co-working space, curated concept store dan investor meeting place.

Selain sebagai tempat display produk KUKM yang sudah dikurasi dewan kurator (curated concept store) para pelaku usaha kecil dapat menggunakan bengkel yang ada di Galeri Indonesia WOW sebagai tempat workshop atau experiment lab bagi produk mereka. Experiment lab juga bisa digunakan untuk demo produk atau mengkreasi produk baru.
Galeri Indonesia WOW juga menjadi tempat berkumpul anggota komunitas UKM kreatif yang saling berbagi ilmu dan informasi atau yang dikenal dengan creative hub. Target market Galeri Indonesia WOW yakni kelompok youth, woman dan netizen dapat menggunakan co-working space yang ada di lantai satu dan dua sebagai tempat kerja mereka.

Pra investor yang datang dan hadir di Galeri Indonesia WOW (investor meeting place) mengangkat UKM yang potensial dengan memberikan bantuan dana dan pendampingan manajemen. 

No comments

Powered by Blogger.