SMESCO INDONESIA MENGEMBANGKAN KUKM BERBASIS INOVASI TEKNOLOGI

Galeri Indonesia WOW kembali menyelenggarakan event bulanan bagi para insan kreatif dan produktif Indonesia yaitu SMESCO - Marketeers Creativity Day. Event kali ini diselenggarakan pada tanggal 20 Maret 2016 yang mengangkat tema "Socio - Technopreneurship for Indonesia" atau Kewirausahaan Sosial yang beradaptasi terhadap Teknologi untuk Indonesia. Tujuan dilaksanakannya event ini adalah untuk mengajak seluruh masyarakat dan para pihak yang berkepentingan untuk lebih mengenal produk karya anak bangsa sendiri khususnya yang berprofesi sebagai Socio-Technopreneur.

Sebagaimana diketahui, kemunculan usaha baru berbasis inovasi teknologi dipercaya dapat mengelola kekayaan sumberdaya alam Indonesia, menjawab persoalan ekonomi di masyarakat serta membuka lapangan pekerjaan.

Saat ini, pengembangan teknologi yang banyak dilakukan di lembaga-lembaga riset dan perguruan tinggi masih memerlukan waktu untuk penerapannya di lapangan, sehingga kehadiran para Socio-Technopreneurs, yaitu para wirausaha sosial yang memanfaatkan inovasi teknologi dalam berbisnis diharapkan dapat menjawab persoalan sosial ekonomi masyarakat. Beberapa contoh dari penerapan Socio-Technopreneurship adalah gojek, kitabisa.com, gandengtangan dan masih banyak lagi.
“Socio-Technopreneurship dipercaya dapat memberikan solusi melalui pengembangan kewirausahaan dengan mendayagunakan teknologi dalam menjawab persoalan di masyarakat,” ujar Ahmad Zabadi,
 Direktur Utama LLP-KUKM Kementerian Koperasi dan UKM. LLP-KUKM merupakan lembaga atau institusi yang senantiasa mendukung kemajuan Koperasi dan UMKM di Indonesia.

Pada acara kali ini para pelaku Socio-Technopreneurship di Indonesia akan berbagi pengalaman tentang bisnis yang dilakukanya. Para narasumber berasal dari kalangan praktisi, investor, maupun expert diantaranya adalah kitabisa.com, Jakarta Smart City, Indonesia Marketing Association, Unitus Impact, Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia, Unlimited Indonesia dan British Council.
Selain itu acara ini menghadirkan juga investor dalam acara media speed dating, yang dapat memberikan peluang bagi para start-up business (pelaku usaha pemula), khususnya yang berbasis digital untuk semakin dikenal dan juga untuk pengembangan usahanya. Investor yang terlibat antara lain Angin Indonesia, Fenox, Unitus Impact, Convergence Ventures, dan East Ventures. Sedangkan di bidang media antara lain Marketeers, Sindotrijaya, Bisnis.com, Kompas.com, dan Majalah Moneter.
Seperti biasanya, event ini juga menghadirkan acara hiburan musik, sajian kuliner, dan juga workshop yang diisi antara lain oleh Nia Aladin, Vuje, Purwacaraka Music School dan Komunitas Peri Kertas.

Acara ini juga dimeriahkan dengan lomba menulis bagi para blogger mengenai produk-produk KUKM yand didisplay di Gakeri Indonesia WOW dan Paviliun Provinsi, yang merupakan hasil kerjasama Galeri Indonesia WOW dengan Kompasiana.

Event Marketeers Creativity Day: Socio-Technopreneurship for Indonesia merupakan kolaborasi antara LLP-KUKM Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Marketeers, Indonesia Marketing Association, International Council for Small Business - Indonesia, Indonesia Council for Small Medium Enterprise, Marketeers CSR & PKBL Club, Yayasan Dana Bhakti Astra dan the Global Compact Network Indonesia serta berbagai komunitas dan organisasi yang memiliki visi mendorong semangat generasi muda dalam berkarya, mendesain, dan membangun ide yang bermanfaat bagi perekonomian Indonesia, sehingga siap menghadapi persaingan global. Galeri Indonesia WOW ikut menumbuhkan semangat kewirausahaan (start-up Business) melalui berbagai fasilitas yang ada, seperti Co-Working Space, Maker Space, Creativity Stage, Investor Meeting Point, dan Currated Concept Store serta Pop-Up Store. Selain itu, berbagai fasilitas promosi dan pemasaran produk KUKM yang berorientasi ekspor dan menuju pada digital economy terus dikembangkan melalui Galeri Indonesia WOW ini.

No comments

Powered by Blogger.