Featured
SMESCO Indonesia, Kadin, beserta Kemenkop Berupaya Mendukung UKM Memasuki Era Digital
Saat ini, transaksi jual beli
melalui online sedang berkembang pesat di Indonesia. Semakin banyak kalangan
masyarakat yang menyukai transaksi bisnis online. Melihat hal tersebut, Kamar
Dagang dan Industri (Kadin) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah
(Kemenkop dan UKM) berusaha hadir untuk mendukung para pelaku usaha agar bisa
lebih mudah memasuki era digital ini. Kadin dan Kemenkop akan menyediakan
fasilitas, layanan, serta memberikan edukasi lengkap seputar dunia bisnis di
era digital, agar para pelaku usaha tersebut bisa bertahan dan terus berkembang
dalam usaha mereka.
Ahmad Zabadi, yang merupakan Direktur Utama LPP KUKM
Kementerian Koperasi dan UKM ini mengungkapkan, Smesco Indonesia juga turut
mendukung dan memberikan atensi yang sangat besar terhadap promosi melalui
teknologi digital. Hal ini dibuktikan melalui pengembangan smescotrade.com
serta berbagai kerjasama dengan para marketplace, sebagai salah satu upaya
strategis dalam promosi dan pemasaran di era digital.
Lebih lanjut Ahmad Zabadi
menuturkan, bahwa transformasi Galeri UKM menjadi Galeri Indonesia Wow
dilatarbelakangi oleh perubahan segmentasi pasar di era digital, di mana
terdapat 3 golongan yang menduduki peringkat utama dalam pasar online. 3
golongan tersebut adalah wanita, anak muda, serta netizen. Bisa dikatakan bahwa
ketiga golongan ini adalah yang paling familiar dalam penggunaan teknologi
digital atau dunia online.
Rabu, 4 Mei 2016
kemarin, Kemenkop UKM bersama Kadin Indonesia baru saja meluncurkan program
‘Pendampingan UMKM Menuju Pasar Global Melalui Pemasaran Online’ di Kantor
Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta. Seperti yang diungkapkan oleh Sandiaga S
Uno, selaku Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia bidang UMKM, Koperasi dan Ekonomi
Kreatif, selama ini Kadin beserta Kemenkop UKM keduanya memiliki peran yang
strategis dalam berupaya memfasilitasi para pelaku UKM. Hal itu diwujudkan
dalam pameran berbagai produk lokal, pelatihan, pendampingan kewirausahaan,
serta perluasan jaringan pemasaran dan peningkatan komoditi ekspor produk,
termasuk juga pembentukan lembaga kemitraan pembiayaan.
Pada acara peluncuran
tersebut, Sandiaga S Uno juga menyatakan, “Sekarang saatnya mengimplementasikan
program yang lebih terintegrasi antara pemerintah dengan swasta agar pengusaha
lokal bisa berjualan dan terus berkembang”. Bisa dikatakan bahwa program ini
merupakan kerjasama antara pemerintah dengan swasta (para pelaku UKM).
Pengembangan ekonomi
digital adalah kunci untuk membangun industri UMKM, yang merupakan salah satu
prioritas pembangunan negara Indonesia, serta memiliki potensi besar untuk
menjadikan Indonesia kuat dalam ekonomi digital dunia, sebagaimana diungkapkan
Sandiaga S Uno.
Masih menurut
Sandiaga, pemanfaat teknologi digital dapat mempermudah para pelaku usaha dalam
mengetahui jumlah peminat produk mereka, produk mana yang paling diminati,
produk yang paling banyak dibeli, serta membuat produk yang mereka jual
memiliki eksposur lebih luas lagi.
No comments